Tuesday, November 13, 2018

10 Rekomendasi Makanan Khas Medan Yang Halal

1) Mie Gomak


Spagheti dari tanah Batak dikenal juga dengan sebutan Mie Gomak (atau mie lidi, karena bentuknya seperti lidi). Mie ini awalnya berasal dari daerah Balige di tepian Danau Toba.
Seiring perkembangan zaman, mie ini kemudian bertransformasi menjadi santapan khas orang Medan.
Yang membuat unik, bahan mentah dari pembuatan mie ini hanya ada dijual di Sumatera Utara.
Selain dimakan begitu saja, mie ini juga bisa dicampur dengan kuah lontong atau bumbu kacang.
Seporsi mie gomak biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 3.000 – Rp.10.000.



2) Soto Medan


Soto yang paling populer di Medan, bahkan pernah dikunjungi Bapak SBY dan Miss Universe adalah Soto Medan di Rumah Makan Sinar Pagi.
Rumah Makan Sinar Pagi bertempat di jalan Sei Deli No 2D, Silalas, Medan Barat
Apabila anda tertarik untuk makan di tempat legendaris ini, anda harus sabar mengantri atau datang pagi-pagi sekali, karena rumah makan ini selalu ramai pengunjung, terutama menjelang jam-jam makan siang,
Kombinasi daging sapi, perkedel, rempeyek, sambal kecap, ditambah dengan perpaduan rasa dari kuah santan dan rempah-rempahnya yang sangat gurih dan mendominasi memberikan rasa yang khas di kota Medan.
Selain soto, Rumah Makan Sinar Pagi juga menyediakan sop, nasi pecal, lontong sayur, dan gado-gado yang memiliki cita rasa yang tak kalah lezatnya.
Anda dapat menjadikan tempat ini untuk mengisi perut pada pagi hari sebelum beraktivitas ataupun melanjutkan perjalanan ke objek wisata yang akan dituju.

3) Daun Ubi Tumbuk


Inilah menu sayur kebangsaan suku Batak. Menu ini juga dapat ditemukan hampir di seluruh warung maka khas Mandailing di Kota Medan.
Daun ubi tumbuk biasanya dipadukan dengan sambal terasi atau gulai ikan lele asap.
Keunikan dari olahan menu ini adalah adalah buah cempoka (rimbang) dan kincong yang menjadi campuran utama menu ini.
Buah cempoka dan kincong yang digunakan hanya ada di tanah Sumatera.
Menu makanan ini merupakan makanan favorit dari orang Batak yang dapat anda temukan di sekitar kedai-kedai makanan Mandailing di Medan.
Oleh karena itu, saat anda berwisata ke Medan, sempatkanlah mencicipi daun ubi yang ditumbuk dan dimasak dengan santan ini.

4) Lontong Sayur Medan


Lontong khas Medan memiliki variasi sendiri dibandingkan dengan lontong sayur yang kebanyakan tauconya.
Lontong medan terdiri dari campuran lontong, sambal ikan teri, sambal tempe kacang, tauco, mie, bumbu rendang, kuah sayur, kerupuk kentang, dan juga serundeng.
Lontong medan sangat mudah ditemukan di kota medan, salah satunya adalah Lontong Kak Lin.
Lontong Kak Lin yang berlokasi di Jalan Teuku Cik di Tiro No. 76, tepatnya di depan SMA 1 Medan ini sudah dikenal oleh banyak orang, karena kenikmatan dari sajian menu lontong nya.
Beberapa menu makanan yang bisa anda coba di Lontong Kak Lin, diantaranya adalah Lontong sayur, Lupis, Nasi Gurih, Lontong Lecel dan lain-lain.
Harga setiap porsi Lontong Kak Lin ini juga sangat murah meriah, yaitu mulai dari Rp. 13.000.

5) Risol dan Kroket Gogo


Jajanan bernama Risol dan Kroket Gogo mulai sukses menembus mayoritas jajanan yang sering dijadikan wisatawan sebagai oleh-oleh.
Saat berkunjung ke Medan, anda bisa menemuinya di Jln. Mojopahit No. 53 dengan harga yang murah.
Risol dan Kroket Gogo bertempat di ruko yang tidak terlalu besar. Bagian depan dari kedai Gogo terdapat beberapa wajan besar dan kompor yang digunakan untuk menggoreng risol dan kroket ini.
Untuk bagian dalam ruko terdapat makanan ringan seperti snack, kue basah, dan lain sebagainya.
Yang sering dibawa pulang para pengunjung dari kedai ini adalah risol dan kroket, namun sayang jajanan tersebut hanya memiliki 1 rasa saja.

7) Roti Tawar Selai Srikaya Ganda


Pengunjung yang hendak mengunjungi Danau Toba pasti akan melewati Pematang Siantar.
Daerah ini seringkali menjadi tempat pemberhentian sementara para wisatawan untuk melepas lelah akibat perjalanan jauh dari Medan.
Nah, saat berada di kawasan Pematang Siantar, cobalah untuk singgah sebentar ke kedai roti legendaris bernama Roti Ganda yang terletak di Jalan Sutomo.
Di kedai roti ini, ada banyak pilihan serta jenis roti yang ditawarkan. Salah satu menu favoritnya adalah adalah roti tawar yang diolesi dengan selai srikaya khas Siantar.
Tak heran bila toko roti ini selalu penuh dengan pengunjung yang rela mengantri untuk bisa menikmati kelezatan roti srikaya dari kedai Roti Ganda.

8) Ifumie Warkop Ramah Tamah


Para pengunjung yang datang ke warung kopi ini biasanya memesan menu bestseller, yaitu Ifumie Becek Bangladesh.
Ifumie Becek Bangladesh adalah mie dengan kuah yang dimasak menggunakan bumbu rempah, dicampur telur orak-arik, kol, kacang tanah, kerupuk, acar, serta irisan jeruk nipis.
Jangan lupa mampir ke sini jika lewat di Jalan Multatuli, Medan dan siapkan uang sekitar Rp. 10 ribu untuk seporsi ifumie

9) Mie Ayam Mas Gogon


Kedai mie ayam yang berada tepat di Jalan Karya Wisata, Johor, Medan ini memiliki mie ayam yang rasa hidangannya sudah menjadi buah bibir karena rasa dan porsinya.
Anda harus menelusuri sepanjang Jalan Karya Wisata, hingga menemukan Warung Mas Gogon untuk mencicipi mie ayam ini.
Anda akan merasa sangat nyaman berada di kedai ini, karena tempatnya bersih dan memberikan pelayanan yang ramah.
Dalam satu mangkok mie ayam yang dihargai kurang/lebih sekitar 9 ribu Rupiah ini, terdapat suwiran ayam dan telur rebus.
Jangan datang terlalu pagi ke kedai mie ini, karena Warung Mas Gogon baru mulai dibuka pukul 10 pagi.

10) Sate Kerang Rahmat Toha


Jika anda ingin makan makanan yang berbeda, cobalah mampir dan cicipi kelezatan dari Sate Kerang Rahmat Toha yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto.
Siapa sangka warung sederhana ini memiliki menu satai kerang yang sangat lezat dan populer di kalangan pencinta kuliner.
Yang menarik, sate keran Rahmat Toha tidak dibakar seperti sate ayam atau sate kambing.
Selain itu, potongan dagingnya juga besar dan tidak berbau amis karena menggunakan kerang segar.
Sate Kerang Rahmat Toha hadir dengan pilihan rasa, seperti pedas manis, pedas, dan original.
Kemasannya juga berupa kardus khusus untuk memastikan sate dapat bertahan lama dan praktis dibawa ke dalam kabin pesawat apabila anda ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh.

        https://www.nadipos.com/blog/kuliner-medan-halal/3/

No comments:

Post a Comment