Monday, October 29, 2018

makanan khas aceh

10 Makanan Khas Aceh yang Terkenal dan Lezat

  1. Mie Aceh

    Hasil gambar untuk mie aceh

Dari namanya saja kita pasti sudah tahu, dari mana makanan ini berasal. Yap, benar dari Aceh. Makanan ini adalah salah satu makanan khas Aceh yang terkenal, bukan hanya terkenal di tempat asalnya, tetapi juga terkenal di kota-kota besar yang berada di Indonesia. Mie Aceh biasanya disajikan dengan dua jenis cara masak, yaitu yang pertama adalah digoreng dan kedua adalah disajikan berkuah.
Selain bisa dipesan digoreng atau berkuah, Anda juga bisa memesan dengan rasa pedas atau gurih, sesuai dengan selera Anda. Mie Aceh biasanya disajikan dengan beberapa tambahan lauk, seperti sejenis seafood atau daging.

  1. Sate Matang

    Hasil gambar untuk sate matang

Sama seperti namanya sate matang, makanan khas Aceh ini berasal dari daerah Matang Bireun. Sate matang biasanya disajikan dengan isis daging sapi atau daging kambing yang diungkep terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu khas Aceh, setelah itu barulah dibakar. Lebih mantap lagi jika sate matang disantap dengan ditemani kuah soto yang beraroma khas dan kaya akan rempah-rempah.
  1. Kuah Pliek U

    Hasil gambar untuk kuah pliek u
Makanan yang satu ini adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Aceh yang terkenal, itu dikarenakan kuah pliek u adalah makanan khas Aceh Barat. Jika Anda belum mencoba mencicipi makanan ini disaat berkunjung ke Aceh, berarti kunjungan Anda belum sah dan belum bisa dibilang berkunjung ke Aceh. Itu dikarenakan makanan ini ada di hampir setiap rumah makan yang berada di Aceh.
Kue pliek u, adalah makanan khas Aceh yang melambangkan eratnya sebuah kekerabatan dan keragaman masyarakat yang ada di Aceh, dan dipersatukan dalam satu kuali, sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat sekaligus unik. Dalam satu hidangan kuah pliek u, Anda akan menemukan beragam aneka jenis sayuran yang tumbuh di Aceh.
  1. Gulai Kambing

    Hasil gambar untuk gulai kambing aceh

Makanan khas Aceh yang selanjutnya akan kita bahas, adalah makanan yang bernama gulai kambing. Gulai kambing adalah makanan khas Aceh, yang biasanya dihidangkan atau dikonsumsi dalam keadaan panas. Kelebihan dari makanan ini salah satunya adalah daging yang digunakan empuk dan tidak memiliki bau, lalu ditambah dengan bumbu khas aceh akan membuat lidah Anda bergoyang. Tidak lupa dengan adanya bubuhan perasan air jeruk nipis, sehingga saat Anda menyantap makanan ini, Anda akan merasakan adanya sedikit kesegaran di dalamnya.
  1. Kuah Masam Keu-eung

    Hasil gambar untuk Kuah Masam Keu-eung

Bagi Anda yang belum tau apa arti masam keu-eung, yaitu berarti masam pedas. Cita rasa yang diberikan makanan khas Aceh yang satu ini pasti Anda sudah tahu. Yap,benar. Cita rasa yang diberikan adalah campuran dari asam dan pedas. Kuliner yang satu ini tidak hanya akan Anda temukan di wilayah Aceh saja, tetapi juga hampir di seluruh daerah Indonesia juga ada, walau dengan nama yang berbeda-beda. Setelah Anda mencicipi makanan ini, Anda pasti akan ketagihan dengan rasanya yang unik.
 
  1. Kuah Sie Itek

    Hasil gambar untuk Kuah Sie Itek

Makanan khas Aceh yang satu ini adalah makanan yang berasal dari Bireun, yaitu adalah kuah sie itek. Nama kuah sie itek mempunyai sebuah arti, dalam Bahasa Indonesia berarti masakan dari itik atau bebek. Walau menggunakan bahan utama itik atau bebek, makanan ini berbeda dari makanan yang sama menggunakan itik dan bebek. Itu dikarenakan resep makanan ini khusus dari warisan leluhur Aceh. Jika Anda ingin mencicipi makanan ini, Anda tidak akan sulit menemukan nya. Karena makanan ini hampir terdapat di setiap restoran di Aceh.
  1. Ayam Tangkap

    Hasil gambar untuk ayam tangkap aceh

Dari namanya pasti Anda sudah tahu, bahan utama apa yang digunakan untuk membuat makanan ini. Yap, benar. Bahan utama yang digunakan adalah ayam, yang kemudian dimasak dengan cara digoreng, lalu dicampur cabe hijau dan daun teumuru. Rasa dari ayam goreng nya memang sama seperti pada umumnya, seperti campuran daun teumuru membuat makanan ini mempunyai sensasi tersendiri.
Daging ayam yang disajikan tidak utuh, melainkan harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu, lalu setelah itu disembunyikan dibawah tumpukan daun teumuru, taburan bawang goreng dan cabai hijau. Itulah kenapa makanan khas Aceh ini bernama ayam tangkap, karena ketika Anda ingin memakan makanan ini, Anda seperti ingin menangkap ayam yang bersembunyi.
  1. Rujak Aceh

    Hasil gambar untuk Rujak Aceh

Walau makanan ini diberi nama sama seperti rujak pada umumnya, tetapi sebenarnya rujak yang satu ini mempunyai rasa yang berbeda dengan jenis rujak lainnya. Cita rasa yang diberikan berbeda disebabkan karena buah yang dipakai. Dalam satu hidangan rujak aceh, Anda akan menemukan hidangan berisi buah rumbia Aceh yang kemudian disiram dengan saus rujak. Pastinya nikmat jika dinikmati dalam keadaan dingin atau juga bisa ditambah es serut. Makanan ini cocok untuk disantap pada siang hari, atau pada cuaca sedang terik-teriknya.
  1. Martabak Aceh

    Hasil gambar untuk Martabak Aceh

Martabak kali ini berbeda dengan martabak kebanyakan yang ada di daerah lain. Karena martabak yang satu ini terbuat dari bahan dasar roti cane sebagai kulitnya, dan kemudian ditambah dengan taburan bawang merah, cabai hijau, lalu disajikan dengan ditemani kuah sambal. Makin mantap lagi, jika menyantap martabak Aceh ini dengan ditemani secangkir kopi di sore hari yang cerah.



  1. Ungkot Kemamah

    Hasil gambar untuk Ungkot Kemamah

Ungkot kemamah, adalah makanan khas suku Aceh yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan tuna rebus, lalu kemudian dikeringkan dan diiris kecil-kecil. Makanan khas Aceh ini biasanya dimasak bersamaan dengan kentang, santan, cabai hijau, dan bumbu rempah lainnya. Masakan ini dibuat sudah lama sekali, bahkan makanan ini terkenal sejak perang Aceh melawan Belanda, itu dikarenakan proses pembuatan makanan ini mudah.

Hasil gambar untuk syakir daulay
~ BONUS ~

BTW  ini calon jodoh saya wkwkwk .g
cuma mau ngingetin ini makanan khas kota kelahirannya Syakir daulay hwhwhw.sukses bang:)
                                                                 *syakirious*





https://ramesia.com/makanan-khas-aceh/


No comments:

Post a Comment