Friday, October 19, 2018

Makanan Khas Jawa Tengah

  10 Makanan Jawa Tengah yang Wajib Kamu Coba, Awas Ketagihan !

1. Enting-Enting Gepuk



makanan tradisional jawa tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Tau makanan yang diiklanin di tv yang namanya ting-ti*g nggak? Nah, mungkin itu bentuk modern dari enting-enting gepuk. Kalau saya sih milih enting –enting nya. Enting-enting ini khasnya daerah Salatiga, Jawa Tengah.
Bahan intinya adalah kacang tanah yang dihaluskan kemudian dipadatkan. Tapi sebelumnya udah dicampur sama gula Jawa dulu biar semua menyatu menjadi satu (itulah indonesia).
2. Nasi Gandul



makanan khas daerah jawa tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Kalau kamu main ke Pati, jangan lupa mencicipi nasi gandul. Cara penyajian nasi gandul ini adalah menggunakan daun pisang. Beda kan? Rasa nasi nya itu lho lebih gurih dari nasi yang lainnya. Bahkan ada juga yang menambahkan daun pandan saat memasak nasi gandul ini, biar wanginya makin sedap dan tentu saja menggugah selera makan kita.
Nasi gandul ini paling enak kalau makannya langsung di kota Pati. Dengan kuah yang segar ditambah lauk berupa daging sapi yang sudah diolah tentu akan menjadi pelengkap yang makin membuat nasi gandul ini menjadi lebih lezat.

3. Nasi Liwet




masakan tradisional jawa tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Lain tempat lain pula namanya, kalau tadi nasi gandul, sekarang nasi tiwel. Makanan dari nasi ini asalnya dari kota Solo, bedanya sama nasi gandul mungkin penyajianya sama bahan pelengkapnya. Nasi liwet ini disajikan dengan potongan ayam dan kadang pakai labu siam juga.
 Masak nasi liwet ini hampir sama kayak bikin nasi uduk biasanya. Pertama masak beras dengan santan dari kelapa yang sudah tua biar ada rasa gurih-gurih nya. Kalau main ke Solo, nggak ada salahnya cobain makanan yang satu ini. 

4. Gethuk




makanan ringan khas jawa tengah
Masakan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Gethuk adalah makanan yang menggunakan bahan dasar singkong. Sebenarnya nggak cuma di Jawa Tengah aja, di Jogja juga ada gethuk goreng lho. Tapi kenyataanya makanan ini terkernalnya dari daerah Jawa Tengah.
Gethuk dulu warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah ada bermacam-macam warna agar lebih menarik. Selain itu ada juga gethuk uang digoreng lho, jadi rasanya nggak kalah sama gethuk biasa.

5. Wajik




kue tradisional jawa tengah
Masakan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Wajik terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dimasak dengan menggunakan gula jawa. Biasanya rasanya manis karena memakai gula jawa. Warna wajik tentu saja coklat karena pakai gula jawa.
Tapi sekarang banyak wajik yang warnanya bermacam-macam, ada pink, hijau, merah dan warna lainnya. Nah, kalau warna-warni pemanisnya tidak menggunakan gula jawa, tapi menggunakan gula pasir.

6. Dawet Ireng, Minuman Khas Jawa Tengah




kuliner khas jawa tengah
Masakan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Kalau kamu sedang berkunjung ke Purworejo dan berasa kehausan, coba deh cari dawet ireng yang ada disana. Dawet ireng ini beda dengan dawet yang lainnya yang biasanya berwarna hijau lho.
Seperti namanya, dawet ireng pasti warnanya ireng atau hitam.
Warna hitam yang ada di dawet ini didapat dari bahan alami yaitu dari abu jerami. Abu jerami digunakan dalam proses pembuatan cendol dawet ireng.

7. Mangut Beong




daftar makanan khas jawa tengah
Masakan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Makanan yang satu ini adanya Cuma di Kota Magelang saja. Kota yang letaknya nggak jauh dari Jogja, tempat di mana Candi Borobudur berada
Di Magelang, Jawa Tengah, kamu bisa mencicipi mangut beong, mangut yang terbuat dari ikan beong pastinya.
Apa itu ikan beong? Ikan beong kalau dilihat dari sekilas hampir mirip ikan lele, tapi sebenarnya bukan lele. Ikan beong ini berasal dari Sunga Progo. Ikan ini memiliki rasa yang lezat dengan dagingnya yang tidak begitu lembut dan tidak mudah hancur.

8. Brekecek




kuliner jawa tengah
Masakan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Ada yang pernah denger nama makanan brekecek nggak? Ini merupakan makanan khas daerah Jawa Tengah, tepatnya di daerah Cilacap.
Walaupun namanya agak aneh, tapi kalau udah nyicipin rasanyanya, mungkin kamu bakal ketagihan, atau paling nggak, lidahmu bakal dibikin bergoyang sama makanan brecek khas Jawa Tengah ini.

9. Nasi Grombyang




makanan adat jawa tengah
Masakan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Nasi grombyang merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah, tepatnya berasal sari daerah Pemalang. Nama makanan ini didapat dari cara penyajiannya, yaitu kuahnya lebih banyak dari pada isinya, sehingga kelihatan grombyang-grombyang.
Kuliner khas ini bahas dasarnya adalah terbuat dari daging kerbau, nasi, dan kuah. Penyajiannya menggunakan mangkuk kecil dan juga ditambahkan dengan sate kerbau.
Kalau kamu mau mencari penjual nasi grombyang ini, ciri khas nya biasanya penjual nasi grombyang adalah menggunakan kuali berukuran besar dengan tempat nasi yang ditutup menggunakan kain berwarna merah. Selain itu, biasanya penerangan warungnya menggunakan lampu yang remang-remang.

10. Getuk Goreng




makanan khas dari jawa tengah
Kuliner Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Kalau biasanya getuk itu dikukus, tapi yang satu ini pakai digoreng. Getuk goreng adalah makanan khas daerah Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.
Rasa getuk goreng ini adalah manis-manis gurih.
Bahan untuk membuat getuk goreng adalah singkong dan rasa manisnya berasal dari gula Jawa atau gula merah.
Getuk goreng ini pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh Sanpirngad penjual nasi keliling pada tahun 1918. Selain nasi, dia juga menjual getuk, tapi getuk yang dijualnya tidak laku.
Akhirnya, Sanpirngad memutar otak. Ia menggoreng gethuk yang tidak laku tadi. Ternyata, getuk yang digoreng tadi malah diminati oleh masyarakat.

No comments:

Post a Comment